Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 26 Januari 2011

Enam Sikap Kerja Yang Tidak Disukai Atasan Pada Umumnya

  1. Kalau melakukan kesalahan, tidak cepat-cepat lapor ke atasan.
    Alasannya biasanya cukup klasik, yaitu takut dimarahi oleh Boss. Cepat lambat pasti ketahuan juga dan akan dimarahi oleh atasan, maka sebaiknya, bertindak secara jujur dan gentle, dan jelaskan kesalahan Anda apa adanya. Semakin jujur dan cepat mengakui, semakin baik !
  2. Menolak tugas-tugas tambahan dari atasan
    Kadangkala, atasan akan menguji, sejauh mana Anda memiliki tingkat ketaatan yang tinggi. Sejauh mana kesiapan Anda bersedia menolong beban kerja atasan. Sejauh mana juga, Anda siap berkorban demi kesuksesan bagian yang dipimpin oleh atasan. Semakin Anda menunjukkan dukungan, semakin Anda akan dapat nilai plus dari atasan
  3. Terlalu diam atau terlalu cerewet
    Pada umumnya atasan tidak terlalu suka terhadap karyawan yang terlalu diam, pasif, kurang inisiatif, takut salah mengutarakan pendapat, baru bicara kalau ditanya, dan kurang proaktif. Namun ekstrem selanjutnya, kebanyakan atasan juga tidak suka kepada jenis karyawan yang banyak bicara tetapi tidak berprestasi, terlalu banyak kritik tetapi tidak punya “way-out”, terlalu banyak mengeluh tetapi tidak memiliki solusi, tukang gosip, terlalu banyak bercanda dan kurang mendengarkan orang lain.
  4. Yang ingin menonjolkan diri sendiri
    Jenis karyawan seperti ini biasanya selalu memanfaatkan berbagai situasi untuk terlihat “lebih” dihadapan atasan ( lebih pandai, lebih menonjol, lebih menarik perhatian, dsb ). Biasanya karyawan tipe ini selain akan dijauhi oleh para rekan kerjanya, juga akan membuat si Boss tarik nafas melihat ulah ”lebay”nya
  5. Tipe orang yang bila diberi tugas, “ngak ngerti-ngerti aja”
    Orang seperti ini akan bolak balik tanya pada si atasan tentang tugas yang harus dijalankan. Selain menyita waktu atasan, perilaku ini akan sangat menjengkelkan, karena si karyawan terlihat tidak siap untuk tugas-tugasnya
  6. Tipe karyawan yang bila ditanya, tidak siap menjawab
    Yang terakhir, adalah tipe karyawan yang kalau ditanya berbagai tentag tugasnya sering menjawab,”Wah, ada dibuku catatan saya Pak. Catatannya ada dimeja kerja,...ketinggalan dirumah,....kehapus karena virus komputer....,dll” Intinya, kalau ditanya data tertentu, selalu tidak bisa jawab dengan cepat.
Bila Anda ingin berprestasi, perhatikan faktor-faktor diatas, dan selalu berlatih agar Anda tidak terjebak dengan perilaku yang akan merugikan karir Anda.


Freddy Liong, MBA, CBA - Success@Work book writer & Coach

Tidak ada komentar: