Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 16 Januari 2011

Liburan ke Jogjakarta

Menikmati liburan di Kota Jogjakarta yang penuh dengan kehidupan budaya Indonesia yang sangat kental dan ragam jenis kuliner yang menggoda selera memang sangat mengasyikan. Banyak yang dapat kita nikmati disini, mulai dari berburu batik murah, kuliner yang menggoda selera, mengunjungi situs sejarah sampai mengunjungi Keraton Jogjakarta.



Di alun alun Keraton Jogjakarta, selain kita bisa melihat keunikan dan budaya Keraton, ada 1 permainan yang biasa dilakukan malam hari yaitu masuk di antara dua beringin. Ini adalah permainan unik yang hanya ada di Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta. Permainan ini terlihat gampang. Seseorang dengan ditutup matanya berjalan dari pinggir utara Alun-alun Selatan.

Jika kita ingin mencoba, dengan mata tertutup lalu kitaberjalan kearah selatan dan harus bisa lewat antara dua Beringin yang terletak di tengah-tengah alun-alun tersebut. Jika berhasil melewati dua beringin itu, seseorang dinyatakan berhasil. Sebaliknya, dia dinyatakan gagal jika jalannya melenceng dari arah yang ditentukan. Permainan ini terlihat mudah, mengingat jarak antara dua beringin  cukup luas yakni sekitar 15 meter. Tetapi dalam pratiknya banyak yang tidak berhasill melakukannya. Banyak yang jalannya melenceng jauh dari dua beringin. Ada yang hanya berputar-putar tanpa arah yang jelas. Bahkan ada yang justru berbalikarah menuju titik awal dia berjalan.

Selain bisa bermain, Pada sore hari kita bisa menyewa sepeda tandem yang bentuknya unik dengan hiasan lampu menyala atau naik bendi yang ditarik kuda poni berkeliling Alun-alun. Dan dimalam harinya kita dapat menikmati beberapa menu minuman tradisional dan makan khas Jogja ayng banyak tersedia dipinggir jalan alun alaun.



Tidak ada komentar: