Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 16 Januari 2011

"Bebek Bakar Madu"

Indonesia kaya dengan ragam budaya dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Berbicara dengan kekayaan alam, sejak jaman dulu Negara Indonesia memiliki daya tarik magnet yang sangat kuat sehingga banyak bangsa asing yang mencoba berusaha datang dan mejajah bangsa ini. Tujuan mereka adalah selain berdagang, mereka mencoba menajajah untuk bisa menguras harta kekayaan alam Bangsa Indonesia.

Kita fokus ke persoalan "Kekayaan Alam Indonesia". Indonesia terkenal dengan berlimpahnya jenis dan ragam rempah rempah. Kesuburan alam dan tanah mengakibatkan adanya kekayaan ragam tumbuhan rempah rempah yang hanya ada dan tumbuh di Indonesia. Dengan banyaknya jenis rempah rempah, sehingga menghasilkan bahan dasar untuk bumbu masakan.

Kuliner di Indonesia sudah terkenal di suluruh dunia. Setiap propinsi di Indonesia memilik makanan khas dengan berbagai macam bentuk. Banyak masakan makanan yang ada dan sudah terbiasa di kehidupan kita sehari hari seperti  Nasi Padang, Sate Madura (salah satu makanan favorit Presiden Amerika barack Obama), Sate Padang, Gudeg, Nasi Uduk, Bebek Bali dan masih banyak lainnya.


Bebek bakar madu
foto by Bung Yus

Soal bebek, banyak ragam jenis makanan yang dpat dihasilkan dari daging hewan ini. Di Bali terkenal dengan Bebek Bali yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan sambalnya yang pedas. Surabaya dan Madura juga memilki makanan khas dari bebek, banyak penjual Nasi bebek Surabaya/Madura bertebaran di Jakarta dengan ciri khas masing masing. Selain itu banyak pula restoran restoran yang menjadikan bebak sebagai bahan dasar membuat makanan. Banyak pula gerai makanan yang bahan dasarnya dari daging bebek.

Jenis bebek yang disajikanpun beragam jenisnya. Ada bebek goreng, bakar, presto dan pepes. Untuk bebek bakar, timbul beberaja jenis varian  seperti bebek bakar sambal ijo, bebek bakar oncom , bebek bakar bumbu madu dan lain lain.

Banyaknya penggemar daging bebek, membuat banyak menjamurnya resto/gerai yang menjual daging bebek ini dengan ragam jenis, cara penyajian dan perbedaan menu rasanya. Semoga kuliner kuliner tradisional Indonesia mampu bersaing dengan serbuan dari restoran restoran yang menawarkan menu cepat saji yang semakin marak disini.


Menyantap Bebek Bakar Madu
foto by Bung Yus



MAJU TERUS KULINER INDONESIA
Salam "Bakul".....

Tidak ada komentar: